Monday, February 22, 2010

LIMA TANDA DIET TAK SIHAT


Diet

Kali ini serba wanita ingin mengulas tentang diet yang diambil dari berbagai sumber tips kesehatan wanita. Tentu saja diet diperlukan bagi wanita atau pria yang merasa berat badannya berlebih. Tapi diet jangan sampai salah arah, yang nantinya malah membuat kita sakit.

Untuk mengenal tanda-tanda diet tak sehat, berikut cirri-cirinya :

  1. Terus Merasa Lapar

    Terus merasa lapar bisa terjadi karena meninggalkan sarapan atau jadwal makan yang lain, mengikuti diet sembarangan dengan terlalu sedikit kalori, karbohidrat atau protein, atau kurang asupan makanan tinggi serat.

    Atau sebab lain karena kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang empty calories (hanya banyak mengandung kalori tapi mengandung gizi yang sedikit), yaitu makanan olahan yang tinggi lemak atau tinggi gula.

  2. Tingkat Energi rendah dan Mudah Lelah

    Masalah ini disebabkan oleh program penurunan berat badan yang didasarkan diet rendah karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber utama bahan bakar tubuh yang bisa segera digunakan.

    Kekurangan karbohidrat bisa membuat seseorang lelah secara fisik dan tak bersemangat secara mental.

  3. Merasa Depresi

    Merasa depresi bisa terjadi karena kekurangan asupan lemak omega 3 dari ikan, atau kekurangan vitamin-vitamin B, terutama asam folat, vitamin B6 dan B12.

  4. Rakus dan Mengidam

    Diet yang terlalu ketat dan banyak pantangan, meninggalkan sarapan atau jadwal makan lain, dan suka mengemil makanan manis atau berlemak, justru menyebabkan seseorang jadi rakus dan mengidam makanan tertentu.

  5. Sulit Berkonsentrasi

Meninggalkan sarapan, atau tidak mendapat cukup asupan antioksidan dan vitamin E (terdapat pada kacang-kacangan, biji-bijian) bisa menyebabkan galau dan sulit berpikir, atau bakan daya ingat menurun. Itu bisa juga terjadi karena kurangnya auspan zat besi.

Baca Juga :

0 comments: